TUGAS SISTEM BASIS DATA
SISTEM INFORMASI PADA RUMAH SAKIT
LATAR BELAKANG MASALAH (PROBLEM)
Rumah sakit sebagai suatu lembaga sosial yang memberikan pelayanan kesehatan kepada
masyarakat, memiliki sifat sebagai suatu lembaga yang tidak ditujukan untuk mencari keuntungan atau non profit organization. Walaupun demikian kita tidak dapat menutup mata
bahwa dibutuhkan aiatem informasi di dalam intern rumah sakit.
Rumah Sakit sebagai salah satu organisasi pelayanan di bidang kesehatan telah memiliki
otonomi,sehingga pihak rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang sebaik – baiknya dengan manajemen yang seefektif mungkin. Hal ini disebabkan oleh setiap
pengambilan keputusan yang tidak tepat akan berakibat pada inefisiensi dan penurunan kinerja rumah sakit.
Hal tersebut dapat menjadi kendala jika informasi yang tersedia tidak mampu memberikan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan. Kecanggihan teknologi bukan merupakan suatu jaminan akan terpenuhinya informasi, melainkan system yang terstruktur, handal dan mampu mengakodomodasi seluruh informasi yang dibutuhkan yang harus dapat menjawab tantangan yang dihadapi.
Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit merupakan applikasi yang di develop untuk
kebutuhan management Rumah Sakit baik swasta maupun negeri, dimana sistem ini sudah didukung dengan fitur dan modul yang lengkap untuk operasional rumah sakit
Tujuan
Tujuan pengembangan sistem informasi ini tak lain adalah untuk :
1. Mengembangkan dan memperbaiki sistem yang telah ada sehingga memberikan suatu nilai
tambah bagi manajemen;
2. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam rangka pengelolaan rumah sakit;
3. Memberikan dasar pengawasan bagi manajemen yang kuat dalam bentuk suatu struktur
pengendalian intern didalam sistem yang dikembangkan.
Dengan Demikian inti dari pembuatan Sistem informasi rumah sakit yaitu untuk mempermudah dalam pengelolaan data pada rumah sakit. Sistem ini tentunya sudah menggunakan metode komputerisasi. Karena dengan penggunakan metode komputerisasi, proses penginputkan data, proses pengambilan data maupun proses pengupdate data sangat mudah, cepat dan akurat.
ATURAN BISNIS
Cardinalitas atau hubungan yang terbentuk dari system informasi rumah sakit,,,
Yang pertama kita harus menentukan entitas yang akan dipakai,Disini kami memakai 4 entitas yaitu :
1. Pasien Menyimpan Informasi tentang Data Pasien
2. Dokter Menyimpan Informasi Tentang identitas Dokter
3. Pelayanan Menyimpan Informasi data Pasien dan Dokter
4. Administrasi Menyimpan Informasi tentang Pembayaran/Administrasi Pasien
Yang Memilki Relasi Sebagai Beikut,,
1. Memeriksa
2. Melayani
3. Membayar
4. Memberi informasi
Dimana Terjadi Hubungan
• One To one
Pasien Administrasi
• One To Many
Pelayanan Pasien
Pelayanan Dokter
• Many To Many
Dokter Pasien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar